Sabtu, 17 Mei 2008

Polres Perjuangkan Honor Bulanan Polmas

Lubuklinggau (torang), Polres Kota Lubuklinggau akan memperjuangkan pemberian honor bulanan bagi anggota polisi masyarakat (Polmas). Polmas dinilai telah membantu tugas-tugas kepolisian, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Saat ini telah terbentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) di 11 kelurahan dari 8 kecamatan. Polres menargetkan pada akhir Mei nanti, 19 FKPM segera terbentuk.

Namun, sampai sejauh ini belum ada kepastian berkaitan dengan kepengurusan dan keanggotaan Polmas untuk mendapatkan gaji atau semacam honor bulanan. “Kita akan usahakan dan bekerja sama dengan Pemerintah kota (Pemkot) atau dengan instansi lain biar Polmas memiliki honor,” kata Kapolres Kota Lubuklinggau AKBP Yohanes Soeharmanto melalui Wakapolres Kompol Suwadji, kemarin.

Pembentukan Polmas, kata Wakapolres bertujuan agar masyarakat menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan dapat menyelesaikan masalah-masalah sosial kemasyarakatan di lingkungannya. Di tempat yang sama, Kabag Min Polres Kota Lubuklinggau Kompol S Samosir mengatakan, Polmas merupakan salah satu program langsung dari Mabes Polri yang harus diterapkan di seluruh satuan wilayah Polri.

“Program ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2006, namun waktu itu baru sebatas sosialisasi, tetapi Polres sudah membentuk Polmas ini sejak beberapa tahun lalu,” ungkapnya. (AS)

Tidak ada komentar: