Sabtu, 17 Mei 2008

KPUD Siapkan TPS Khusus

Muara Enim (Torang), Menjelang hari pencoblosan Pilkada Muara enim pada 20 Mei, KPUD setempat mempersiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus bagi pasien rumah sakit dan tahanan.

Menurut Ketua KPUD Muaraenim Haslan melalui Sekretariat Hukum KPUD Akmaluddin, TPS khusus itu untuk mempermudah proses pemilihan bagi mata pilih yang sakit hingga dirawat di rumah sakit serta para tahanan yang berada di penjara. “Jadi, mata pilih yang sakit dan yang masih ditahan tetap bisa menyampaikan aspirasinya untuk menentukan pilihan,” kata Ketua KPUD Muara enim Haslan, melalui Sekretariat Hukum KPUD Akmaluddin, kemarin.

Dia menambahkan, apabila ada mata pilih dari TPS lain yang sakit dan masuk penjara, mata pilih tersebut akan diminta mengisi blangko C-8 (daftar pemilih dari TPS lain) yang disediakan di rumah sakit dan rumah tahanan sehingga bisa mencoblos di TPS khusus. Seusai mengisi dan mencoblos, formulir yang sudah diisi tersebut akan dicocokkan dengan data yang dimiliki Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) di mana pemilih berdomisili.

Sedangkan mata pilih tunanetra, pada saat pemilihan akan didampingi pihak keluarga yang dipercaya dan satu petugas KPPS yang ada di setiap TPS.KPUD tidak membuat surat suara khusus untuk mata pilih yang cacat. “Mata pilih yang cacat itu akan meminta orang yang mendampinginya untuk mencoblos nomor urut pasangan calon yang dia inginkan,” jelas Akmaluddin.

Dia memastikan tidak akan ada kecurangan dalam pencoblosan untuk mata pilih yang cacat karena petugas KPPS dijamin netral. Selain itu, pihak keluarga ikut mendampingi dan menjadi saksi pada saat pencoblosan. “Bahkan dalam bilik suara tersebut, pencoblosan harus dilakukan oleh tangan si pemilih sendiri. Selain itu, di bilik tersebut ada saksi dari KPPS dan pihak keluarga pemilih,” tegasnya.

Parti, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Bagian Logistik KPUD Muara enim mengatakan, untuk kartu tanda pemilih, baru ada dua kecamatan yakni Kecamatan Talang Ubi dan Kecamatan Muara enim.

Sedangkan, KTP 20 kecamatan lainnya masih dalam proses pencetakan. “KTP sudah selesai dicetak oleh percetakan yang ada di Jawa. Berdasarkan informasi, saat ini sedang dalam perjalanan menuju Muara enim. Insya Allah kalau tidak sore ini, mungkin besok pagi sampai di KPU Muaraenim,” jelasnya. (AS)

Tidak ada komentar: