Sabtu, 17 Mei 2008

Kaum Ulama Harus Bersikap Independen

Pangkalan Balai (torang), Pimpinan Daerah Satuan Karya Ulama Indonesia Kabupaten Banyuasin H Ahmad Nasuhi menyatakan, kaum ulama memiliki tanggung jawab dalam membangun daerah.

“Pembangunan suatu daerah tentunya selalu melibatkan tiga komponen penting, yaitu umara, ulama dan masyarakat,” katanya di sela-sela acara pelantikan kepengurusan satuan karya Ulama Indonesia di kompleks kantor DPD Golkar Banyuasin, kemarin.

Dalam pembangunan tersebut, para ulama harus menjaga independensinya. Ulama perlu bersikap netral, sehingga menjadi pemersatu umat dan motor penggerak pembangunan. Dia menambahkan, kaum ulama juga harus mampu membangun peradaban yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

Berkaitan dengan itu, keberadaan satuan karya ulama Banyuasin yang telah dilantik, semestinya mampu mewarnai pembangunan Banyuasin secara positif. Menurutnya, pembangunan yang sempurna adalah seimbang antara pembangunan fisik dan pembangunan nonfisik. Dengan demikian, ulama sebagai pendidik di bidang keagamaan memiliki peran yang sangat besar dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Satuan karya Ulama Banyuasin HA Nasuhi mengatakan, dalam kancah pembangunan seperti sekarang ini, peran para ulama sangat dibutuhkan. “Terutama dalam mendampingi umara (pemerintah) untuk membina umat dan melakukan pembangunan di tengah masyarakat,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Banyuasin Rachman Hasan berharap visi dan persepsi satuan karya ulama Indonesia dapat sejalan dengan visi kabupaten Banyuasin. Sehingga, kalangan ulama dapat menjadi penggerak pembangunan di daerahnya. Hampir senada diungkapkan Ketua DPD Golkar Banyuasin yang juga ketua DPRD Banyuasin Basjir DA.

Menurutnya, antara ulama dengan umara harus sejalan dalam membangun daerah. “Tugas ulama dalam membina umat bukanlah tugas ringan. Bahkan, semakin hari tantangan pendidikan dan pembinaan mental manusia khususnya di Banyuasin akan semakin berat,” katanya. (AS)

Tidak ada komentar: