Sabtu, 17 Mei 2008

163 guru di palembang ikut seleksi

Palembang (Torang), sebanyak 163 guru yang ada di Kota Palembang ikut seleksi pemilihan guru berprestasi yang digelar di SMP Negeri 8 Jalan Urip Sumoharjo No 971 Kecamatan Ilir Timur (IT) II. Seleksi akan dilakukan selama tiga hari mulai 15-17 Mei mendatang. Butir penilaiaan pokok materi pengujian terdiri dari kenerja guru, karya kreatif/inovator dan berkas yang sesuai dengan bobot, penilaiaan yang telah ditentukan. Para pahlawan tanpa tanda jasa yang mengikuti seleksi ini berasal dari sekolah negeri maupun swasta. Mulai dari TK hingga SMA/SMK. Dari tingkat taman kanak-kanak (TK) diikuti 27 guru, sekolah dasar (SD) 37 guru, sekolah menengah pertama (SMP) 62 guru, sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruaan (SMA/SMK) diikuti 37 guru.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Palembang, Drs H Aidin MM. Hadir juga dalam acara pembukaan kemarin, Kasubdin SMP/SMA, Drs Riza Fahlevi MM, anggota komisi IV DPRD Kota, Ketua PelaksanaPembina Tingkat I Dinas Kota Drs H Daud Makmun dan Ketua Pelaksana-Kepala SMP Negeri 8, Drs Budiono Marihan Msi.

Aidin mengatakan, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, dalam rangka mencerdaskan sumber daya manusia (SDM), khususnya di bidang pendidikan, “Serta untuk perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” jelasnya.

Berdasarkan Pasal 36 ayat 1, guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa dan bertugas didaerah khusus berhak memperoleh penghargaan, setelah dilakukan evaluasi dan mendapat masukan-masukan dari berbagai kalangan, baik guru maupun pengelola pendidikan tingkat kabupaten/kota/provinsi, maka pemilihan guru teladan diusulkan, untuk ditingkatkan kualtiasnya menjadi guru berprestasi, “bagi guru berprestasi tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK yang ada di Kota Palembang akan naik haji gratis,” tambah Aidin.

Penyerahan tanda prestasi secara simbolis oleh Aidin, untuk tingat TK diwaliki Peggi Noviyanti SPd (TK Santa Aganta), tingat SD diwakili Dra Rusmiati (SDN 117), SMP diwakili Drs Arif Budi Prama (SMP N 12) dan SMA diwakili Zulfakar dari SMAN 7.

Kegiatan pemilihan guru berprestasi bertujuan untuk meningkatkan motivasi profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas, menilai prestasi yang dicapai oleh guru, meliputi kompetensi paedagogik, kepribadiaan, sosial dan profesional maupun peran serta atau sumbangsih guru kepada masyarakat. “selain itu, untuk menetapkan guru berprestasi secara nasional yang dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara lebih merata,” jelas Daud Makmum (Tim)

Tidak ada komentar: