Senin, 05 Mei 2008

Listrik Tenaga Surya Terangi Pelosok Desa

Kayuagung (Torang), Masyarakat pedesaan sekarang bisa ikut merasakan penerangan cahaya listrik untuk penerangan di malam hari dan keperluan umum sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Keperluan listrik memang mempunyai fungsi yang sangat utama untuk mendukung kehidupan yang sangat luas.

Kemampuan teknologi pada masa sekarang belum banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat di pelosok pedesaan yang sangat jauh dari jangkauan, sedangkan untuk mencapainya harus menggunakan lalu lintas air yang masih sangat rawan. Oleh sebab itu, tidak banyak orang yang berkunjung ke daerah pelosok tersebut.

Sekarang para penduduk di pedesaan bisa bernafas lega karena telah ada listrik menggunakan tenaga surya untuk memotivasi mereka dalam bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup. Pemerintah Kab. OKI sangat peduli terhadap masyarakat di daerah pelosok yang sangat jauh dari jangkauan PLN, sebab dibutuhkan dana yang sangat besar untuk instalasi jaraingan PLN di daerah pelosok tapi hasilnya tidak sebanding dengan pengeluaran dana untuk instalsi jaringan PLN.

Melalui tangan pemerintah dengan perpanjangan tangan Kaban Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Energi Mineral semuanya dapat diatasi dengan kemajuan teknologi yang dimiliki Bangsa Indonesia pada masa sekarang melalui listrik tenaga surya.

Sebagian besar daerah Kab. OKI 90% rawa-rawa dan perairan sedangkan daratan hanya 10%. Daerah pelosok yang tidak mungkin ada aliran listrik PLN antara lain; Sungai Sodong, Pagar Dewa, Sungai Menang, Gajah Mati, Sibur, Sonor, Ketupak, Simpang Tiga, Simpang Dua Pulau Burung tetapi melalui listrik tenaga surya, desa yang tadinya gelap gulita pada malam hari dan terisolir dapat terang pada malam hari karena telah ada cahaya lampu yang berasal dari listrik tenaga surya.

Telah tersebar sekitar 2000 unit panel surya yang telah terpasang dan tersebar di pelosok desa dengan biaya yang sangat rendah berguna untuk penerangan. Semua ini berkat kepedulian semua pihak termasuk Dinas Pertambangan bersama Pemkab dan masyarakat untuk memajukan Kab. OKI.

Melalui program Kerja Dinas Pertambangan dan melalui konfirmasi dengan Kepala Badan Pertambangan Pemerintahan Kab. OKI untuk membangun desa agar mendapatkan aliran listrik. Tentunya dana yang dikeluarkan tidak sedikit, tetapi berkat realisasi pemerintah, pengalokasian listrik tenaga surya yang sangat dibutuhkan masyarakat bisa terealisasi dengan baik.

Untuk itu diharapkan dukungan dan kerja sama pemerintah propinsi maupun pusat agar bisa mendapatkan pengalokasian untuk segera terealisasi dengan baik. (Rafi)

Tidak ada komentar: