Senin, 05 Mei 2008

APB-Des Tanggung Jawab Kades

Kayuagung (Torang), Gubernur Sumsel Ir. H. Syarial Oesman, MM dan Bupati OKI Ir. H. Ishak Mekki, MM sabtu dan minggu yang lalu mengadakan kunjungan kerja di empat kecamatan dalam wilayah OKI. Di Kecamatan Pedamaran, Gubernur menyerahkan sertifikat kebun dan dua plakat KPD PT. Tania selatan dilapangan sepak bola Kebun Brunai Timur yang dihadiri lebih dari 3.000 karyawan dan petani plasma.

Kemudian gubernur juga mengunjungi kecamatan Mesuji Raya, Cengal dan Sungai Menang. Disini gubernur menyerahkan dana bantuan APB-Des bagi Kepala Desa (kades) di tiga kecamatan tersebut. “Dana ini untuk perkuat pemerintahan di desa”, Katanya.

Dikatakan gubernur Syahrial, yang mengatur dana APB-Des adalah kades dan diawasi oleh BPD desa. Namun semua pertanggungjawaban keuangan ada di tangan kades. Menurut Gubernur Syahrial, tahun lalu jumlah bantuan setiap desa sebesar Rp 20 juta, namun tahun 2008 naik menjadi Rp 25 juta per desa. “Dana ini untuk PKK dan Posyandu masing-masing Rp 3 juta, karang taruna dan pemuda Rp 2,5 juta dan untuk operasional kades dan BPD serta kepeluan lainnya”, Jelasnya.

Adanya bantuan ini, diharapkan kades dapat memanfaatkan dana tersebut sesuai rencana serta dapat menggerakan pemerintahan desa baik dibidang kesehatan serta bidang lainnya. “Saya harapkan masyarakat secara bersama-sama membangun Sumsel bukan karena Gubernur dan Bupati tetapi partisipasi seluruh masyarakat”, Ujarnya. (AS)

Tidak ada komentar: