Senin, 05 Mei 2008

Departemen Perdagangan Kucurkan Rp 1,6 M Untuk Pembangunan Pasar

Palembang (Torang), Sebanyak Rp 1,6 M bakal dikucurkan Departemen Perdagangan Pusat untuk pembangunan pasar Yada di Kecamatan Kalidoni, rencanannya pembagunan pasar tersebut akan dilaksanakan tahun ini dan selesai pada tahun 2009 mendatang. Pasar ini akan dibangun diatas lahan seluas 1,5 Ha yang terletak di Jalan Mata Merah, sekitar 300 Meter dari persimpangan Jalan Taqwa tepatnya di RT 29/30, Kelurahan Sungai Selincah, dengan total dana yang disiapkan Rp 1,6 M lebih kecil dari Alokasi Dana yang awalnya direncanakan sebesar Rp 2 M.

Kepala Dinas Perindustriaan, Perdagangan dan Koperasi Kota Palembang Wantjik Badaruddin, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengatakan bahwa “Pengurangan ini karena dari pusat ada pemotongan dana sebesar 15 persen, tapi kita yakin dana sebesar Rp 1,6 milyar itu cukup untuk pembebasan lahan yang sedang dilakukan Pemerintah Kota,” Menurut Wantjik.

Dana tersebut masih dalam proses administrasi di Departemen Perdagangan. Setelah melalui tahap tender, pembangunan siap untuk dilakukan. “jadi, pada pertengahan tahun 2009, kemungkinan baru dapat digunakan oleh para pedagang. Nantinya para pedagang yang berjualan dipinggir jalan sekitar Pasar Yada dan sering menganggu lalu lintas akan dipindahkan kepasar tersebut, dipasar ini nantinya akan ada sekitar 300 pedagang yang berjualan,” Terang Wantjik.

Konsep pembagunan pasar, didesain dengan satu lantai menggunakan kerangka baja pada atapnya sehingga nantinya dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan pedangang, “Kita mungkin sulit untuk memindahkan para pedangang dari Pasar Yada, dan itu biasa, karena memang mereka sudah terbiasa dengan lingkungan lama. Tapi saya yakin, jika sudah berada dipasar tersebut, para pedagang tidak bakalan mau pindah lagi” ucap Wantjik. Dan mengenai pengelolaan pasar tersebut akan diserahkan ke pihak PD Pasar. (Tim)

Tidak ada komentar: