Senin, 05 Mei 2008

Dinas Kesehatan OKI Bekali 120 Bidan Poskesdes

Kayuagung (Torang), Kemajuan para Dokter di Kabupaten Ogan Komering Ilir sekarang ini sangat membanggakan. Profesi yang sangat mulia untuk menolong sesama dengan disiplin Ilmu dibidang Kedokteran. Dinas Kesehatan melalui para Dokter yang ada di Kab. OKI memberikan pembekalan, pengembangan, penyuluhan dan pelatihan kepada 120 bidan Poskesdes untuk desa siaga.

Melalui pembekalan, pengembangan, penyuluhan dan pelatihan kepada 120 bidan Poskesdes diharapkan para bidan tersebut siap untuk melayani masyarakat di tempat mereka bekerja secara maksimal meskipun hanya sebagai bidan. Berdasarkan hasil yang ada dilapangan, terkadang hanya bisa melakukan suatu bidang yang telah diakui oleh masyarakat yaitu sebagai seorang yang ahli membantu ibu hamil saat melakukan persalinan atau kelahiran. Melalui program ini, saat mereka terjun ke masyarakat tempat dia bekerja, mereka dapat maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara luas, sesuai yang disampaikan Kadin Kesehatan OKI melalui dr. Fikram dan dr. Lufnah serta Dokter yang lainnya.

Adapun para Dokter yang memberikan pembekalan, penyuluhan dan pelatihan kepada 120 bidan, antara lain ; dr. H. Rusli Muchtar, Sp. OG, dr. Fikram, dr. Lufnah, dr. Riam Ridho dan dr. Heri. Berdasarkan informasi yang ada pelaksanaan program ini berguna untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat secara merata hingga daerah-daerah yang jauh dari pelayanan dokter dan rumah sakit. Serta para bidan yang ikut pelatihan dan penyuluhan menjadi perpanjangan tangan para dokter dengan ilmu pengetahuan dibidang kesehatan demi peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik secara individu maupun secara umum. Salah satu tujuan dari penyuluhan dan pelatihan ini yaitu untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. Kesemuanya adalah langkah yang sangat positif untuk perpanjangan tangan pemerintah yang dilakukan Dinas Kesehatan OKI untuk peningkatan pelayanan kesehatan buat masyarakat OKI. (Rafi)

Tidak ada komentar: