Rabu, 07 Mei 2008

Pendistribusian Elpiji ke Daerah Aman

Palembang (Torang), Lain yang terjadi dilapangan, lain pula yang ditanggapi. Ini soal tabung gas elpiji ukuran berat 12 Kg. Masih kencang kabar beredar tabung jenis ini langka dan sulit didapat. Tapi menurut pihak terkait kondisi itu tidak benar sama sekali.

Dikemukakan PT. Pertamina UPMS II melalui Staf Humas Robert, untuk wilayah Sumsel Pendistribusian tabung gas dengan berat 12 Kg dilakukan masih standar. Sehingga yang namanya kelangkaan atau sulit didapat menurut dia hanya isu tak benar.

“Tidak terjadi kelangkaan karena Kita distribusikan tabung seperti biasanya. Tidak ada pengurangan dan mengalami hambatan,” demikian jelas Robert. Produksi tabung saat ini tidak mengalami perubahan. Diterangkan, untuk tabung gas ukuran 50 Kg sebanyak 4,5 ton. Inilah menurut dia bahwa jumlah tersebut masih sama dengan produksi pada waktu sebelumnya.

Selain produksi dan pendistribusian yang tidak mengalami perubahan. Robert menerangkan harga tiap tabungnya belum mengalami perubahan. Selain itu, soal faktor perindustrian ke daerah-daerah yang ada di Sumsel hingga saat ini belum ada kendala.

Sekedar diketahui, akhir-akhir ini masyarakat khususnya yang di daerah mengeluhkan adanya kelangkaan tabung gas elpiji. Sebelumnya kelangkaan sudah pernah terjadi beberapa waktu lalu yaitu terjadi pada tabung gas elpiji ukuran 12 Kg. Di sebabkan harga tabung gas elpiji ukuran 50 Kg cukup tinggi, sehingga banyak pengusaha kecil menengah terutama Perusahaan rumah tangga menggunakan tabung gas elpiji ukuran 12 Kg.

Karena banyak Pengusaha rumah makan yang menggunakan tabung 12 Kg yang sebenarnya diperuntukkan bagi konsumsi rumah tangga. Dampaknya banyak rumah tangga mengeluh karena kesulitan mendapatkan tabung ukuran 12 Kg. Makanya, mengatasi kondisi itu Pertamina melalui UPMS II PT. Pertamina mengambil kebijakan menurunkan harga tabung ukuran 50 Kg.

Kebijakan tersebut diambil dengan harapan Perusahaan rumah makan dapat menggunakan tabung 50 Kg, sehingga rumah tangga dapat menggunakan gas ukuran 12 Kg. Hanya saja, kini beredar lagi kabar terjadi. Namun untuk daerah-daerah yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Dimana masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan tabung. (Tim/03)

Tidak ada komentar: