Rabu, 07 Mei 2008

Pembangunan Pustu Tanjung Menang Terbengkalai

Pagaralam (Torang), Pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) yang terletak di Dusun Tanjung Menang Kelurahan Prahu Dipo Kecamatan Dempo Selatan terbengkalai, sarana kesehatan masyarakat ini sempat berorientasi beberapa bulan, namun kemudiaan terhenti hingga sekarang.

Berdasarkan pantauan wartawan dilapangan, selain tidak berfungsi, kondisinya sangat memprihatinkan, karena halaman disekitar balai sudah ditumbuhi semak, sehingga bangunan tersebut nyaris tidak terlihat lagi.

Ketua RT 06 Dusun Tanjung Menang Kecamatan Dempo Selatan Matsun membenarkan jika Pustu yang diperuntukan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar. “Keberadaan Pustu ini sangat dibutuhkan, jika ingin datang ke rumah sakit jaraknya cukup jauh sekitar 30 menit, tetapi jika ada Pustu yang berfungsi sebagaimana mestinya maka pertolongan pertama dapat diberikan sebelum dibawa ke rumah sakit” katanya.

Menurutnya, kondisi bangunan yang ada tidak terawat sama sekali, hal ini terlihat dengan banyaknya tanaman liar yang tumbuh hingga mencapai 1 meter dan menutupi semua pekarangan yang ada dibangunan tersebut. “jangankan ingin masuk ke dalam gedung untuk melihat saja sudah sulit karena terhalang semak,” tambahnya.

Lebih jauh dikatakan Pustu yang ada pernah beberapa bulan beroperasi tetapi dengan minimnya fasilitas yang ada menyebabkan setiap kali ada pasien yang ingin meminta perawatan terpaksa harus dirujuk ke Puskesmas setempat atau juga ke rumah sakit karena tidak bisa ditanggulangi. Apalagi letak pustu yang tidak strategis yang terletak di tengah hutan dan jauh dari keramaian serta berbagai kendala lainnya.

“Bangunan Pustu itu terletak ditengah hutan dan jauh dari pusat keramaiaan, sehingga membuat masyarakat dan petugas yang ada menjadi tidak betah,” paparnya seraya menambahkan. Pihaknya telah meminta kepada dinas terkait untuk dapat mencarikan jalan keluar untuk masalah yang ada, sehingga nantinya Pustu yang ada dapat difungsikan kembali.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam dr. H. Rasyidi Amri MT MKM ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pemanggilan kepada Puskesmas yang membawahi Pustu tersebut, sehingga nantinya permasalahan yang ada ini tidak terus berlarut-larut dan masyarakat yang ada dapat kembali merasakan adanya pelayanan dari Pustu tersebut.

“Kita akan memanggil kepala Puskesmas yang membawahi Pustu yang ada, guna mencari pemecahan masalah yang ada. Sebab selama ini tidak ada laporan bahwa Pustu tersebut tidak berfungsi,” ungkapnya. (Tim)

Tidak ada komentar: