Selasa, 06 Mei 2008

Palembang (Torang), Pengembangan agama Islam yang dibawa para habib serta warga keturunan Arab di Kota Palembang, tak hanya memberikan kontribusi dalam proses peletakan sistem nilai, namun juga memberikan pengaruh terhadap budaya maupun perdagangan pada masa Kesultanan Palembang Darussalam. Demikiaan dikatakan Calon Walikota Kota Palembang Drs. H. Mohm Iqbal Romzi usai melakukan silahturahmi dengan para habib di kawasan Jl Pandawa Kecamatan Ilir Timur II, kemarin (1/5).

Dalam kesempatan tersebut Iqbal menjelaskan bahwa para habib dan komunitas masyarakat keturunan Arab juga memilki potensi dalam memberikan sumbangan terhadap pengembangan budaya di Kota Palembang dimasa mendatang. Untuk itu Ia mengungkapkan komitmennya untuk memajukan budaya Islam dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“seperti masa Kesultanan Palembang Darussalam, tata pemeritnahan Sultan terdiri diatas sinergi antara ulama dan umara, kami berharap Kota Palembang bisa seperti itu nantinya,” ujar Iqbal didampingi Seikh Abdul Kadir Shahab, tokoh masyarakat di Palembang.

Sementara itu, Seikh Abdul Kadir Shahab, tokoh masyarakat Arab di Palembang dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap program pembagunan Kota Palembang yang berorientasi terhadap nilai keislaman, dirinya juga berharap dalam proses pemilukada Kota Palembang masyarakat bisa menentukan pemimpin yang terbaik dan mampu mengemban amanat masyarakat “Kami berharap masyarakat Palembang bisa memilih pemimpin yang bersih dan amanah dalam menjalankan kepemimpinannya” ujarnya. (Tim)

Tidak ada komentar: