Selasa, 06 Mei 2008

Tak Lulus Secaba, Rp 50 Juta Raib

Palembang (Torang), Sudah banyak kasus penipuan untuk masuk menjadi calon polisi. Kini giliran Mahram (56 th) pedagang, warga Jl. Supersemar RT 18 Kelurahan Pipareja Palembang. Korban ditipu oleh pelaku berinisial Ag (30 th), warga Kawasan Talang Betutu, Sukarami.

Kejadian, ini terjadi 15 Januari 2007, sekitar Pukul 10.00 WIB dikediaman korban. Menurut cerita korban, ia mendapat informasi jika pelaku bisa membantu anaknya untuk lulus tes Sekolah Calon Bintara (Secaba) Polri tahun 2007. Mengetahui hal itu, korban langsung menemui dan meminta tolong kepada tersangka supaya anaknya bisa lulus dan menjadi Polisi. Pelaku menyanggupi pemintaan korban. Dengan alasan butuh biaya administrasi dan pelicin, pelaku meminta uang kepada korban.

Lanjut korban, uang yang diminta korban totalnya senilai Rp 50 juta. pertama, diberikan korban 15 Januari 2007 sebesar Rp 25 juta, 12 maret 2007 sebesar Rp 5 juta dan terakhir 20 April 2007 sebesar Rp 20 juta. Namun hingga kini anaknya tak kunjung lulus menjadi polisi seperti yang diharapkan.

Sebelum dilaporkan korban ke Mapoltabes, korban telah minta uangnya untuk dikembalikan, hingga kasus tersebut dilaporkan, pelaku belum juga mengembalikan uang tersebut.

Adanya pengaduan korban ke Mapoltabes Palembang Kombes Pol Drs. H. Zainul Arifin, SH, MH didampingi Kasatreskrim Kompol Kristovo Arianto SIk. “pengakuan korban akan dipelajari dan proses sesuai hukum yang berlaku. Masyarakat dihimbau untuk tidak percaya dengan janji siapa pun yang mengaku bisa membantu anaknya masuk polisi, karena tes secaba murni tanpa biaya,’’ ungkap Zainul. (Tim/02)

Tidak ada komentar: