Selasa, 06 Mei 2008

Bupati Lahat Rencanakan Perombakan Dinas dan Bahan

Lahat (Torang), Bupati Lahat Drs. H. Harunata, MM mengajukan perombakan 18 dinas dan 12 badan ke DPRD lahat dalam penyusunan raperda struktur pemerintahan. Melalui panitia khusus (Pansus) dirampingkan menjadi 9 dinas dan 4 badan.

Anggota Komisi II DPRD Lahat Budi Santoso, SE mengatakan dari 6 dinas dan 2 badan yang dilimpahkan ke pihaknya ada yang digabungkan atau dihapus. “Kita mengharapkan agar dengan rampingnya struktur dan fungsi bisa diterapkan di Lahat, tentu saja hal ini berimbas ke penurunan belanja aparatur yang saat ini lebih besar dari belanja publik,” katanya.

Untuk dinas yang digabungkan seperti koperasi, perindustriaan, dan pasar yang dimerger menjadi satu, Dinas Tata Kota dikembalikan ke pekerjaan umum. Peternakan, Ketahanan Pangan, Perkebunan dan Kehutanan, serta Tanaman Pangan dan Holtikultura menjadi subdin dibawah Dinas Pertaniaan.

“Sedangkan 4 badan yang diusulkan bupati, 2 diantaranya kita pertahankan. Sementara Badan Ketahanan Pangan dikembalikan ke Dinas Pertaniaan dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Daerah dijadikan UPTD dibawah Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah,” katanya yang menambahkan hasilnya nanti akan dibawa ke pansus untuk dipelajari dan ditetapkan 10 Mei 2008 nanti. (Tim)

Tidak ada komentar: