Selasa, 06 Mei 2008

Hemat Anggaran Pemilukada

Muara Enim (Torang), Persiapan pemilukada dalam satu putaran diharapkan akan menghemat dana persiapan pemilu, yakni dengan cara seluruh masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih dianjurkan mengunakan hak pilihnya dan menghindari golput, hal ini dikemukankan Bupati H Kamaluddin D SH MH, baru-baru ini.

Diperkirakan proses pemilukada satu putaran akan terjadi penghematan yang cukup signifikan mencapai Rp 14 miliar. Untuk itu masyarakat harus mengunakan hak pilihnya itu dengan sebaik-baiknya, sebab jika memilih golput hingga mengakibatkan jumlah pemilih tidak mencapai kuorum, maka pemilukada bisa saja diulang “Konsekkuensinya bila sampai pemilukada diulang, beban yang harus diemban daerah akan mencapai Rp 40 miliar” ulas Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat, termasuk kepada kandidat untuk dapat menciptakan iklim yang kondusif dengan demikian pemilukada dapat dilaksanakan secara lancar, aman dan tertib secara demokratis. “siapapun Pemimpin yang terpilih nanti hendaknya jangan hanya menebar janji manis belaka, kepentingan masyarakat harus diutamkan secara nyata,” ujarnya.

Drs H Haslan Ketua KPUD Muara Enim didampingi Kasubag Umum Akmaludin, SH menjelaskan bahwa sesuai keputusan KPU No 09 tahun 2008 tentang panduan audit atau laporan dana kampanye sumbangan dari badan hukum swasta dilarang melebihi Rp 350 juta, untuk sumbangan dari per orang dilarang melebihi Rp 50 juta. Kemudiaan apabila sumbagan melebihi Rp 2,5 juta harus dilaporkan ke KPUD jumlah dana identitas penyumbang harus dicantumkan secara jelas. Setiap pasangan calon harus sudah melaporkan dana kampanyenya paling lambat satu hari sebelum kampanye, masa kampanye akan dimulai dari tanggal 3 hingga 16 Mei. (Tim)

Tidak ada komentar: