Selasa, 06 Mei 2008

Kerusakan Jalintim Mencapai 200 KM

Inderalaya (Torang), Persoalan Jalan Lintas Timur (Jalintim) tidak pernah usai. Anggota DPR-RI dari Fraksi PBR Bursah Zarnubi SE, mengungkapkan kerusakan jalan lintas timur mencapai 200 km. Kerusakan jalan lintas timur ini disebabkan banyak faktor, diantaranya kondisi geologis tanah yang labil, juga padatnya mobilitas kendaraan dengan tonase yang melebihi kapasitas. “Hal tersebut yang menyebabkan jalan tak bertahan lama. Setelah dilakukan pengaspalan, setelah kurung waktu yang tak terlalu lama kembali rusak,” kata anggota Komisi IX ini.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya melakukan langkah perbaikan jalan. Antara lain melakukan kata kesepakatan bersama antar intas parpol melalui fraksi DPRD Kabupaten dan selanjutnya dibicarakan di tingkat DPR-RI. “Dana yang perlu untuk berbaikan Jalintim sekitar Rp 200 M, dengan Radius 1 km dianggarkan dana sebesar Rp 1 M,” tegasnya.

Masih menurutnya, yang paling utama untuk pemeliharaan jalan agar tak mudah rusak, adanya peranan masyarakat dan stakeholder untuk sama-sama memperhatikan dan menjaga kondisi jalan. Bila ada temuan pengerjaan proyek yang dinilai kurang baik masyarakat mempunyai hak dan kewajiban untuk melaporkan ke pihak yang terkait,’’ ujarnya. (Tim/02)

Tidak ada komentar: