Kamis, 15 Mei 2008

Mandiri Kucurkan Dana Beasiswa Rp 276 Juta

Palembang (Torang), Bank Mandiri kembali mengimplementasikan program corporate social responsibility (CSR), khususnya dibidang pendidikan dengan menyalurkan dana sebesar Rp 276 juta. Dana tersebut disalurkan melalui bentuk beasiswa kepada 220 siswa dan mahasiswa di palembang.

Djoko Warsito, Kepala Kanwil II Bank Mandiri mengatakan, pemberian beasiswa sebagai bagian dari program Mandiri Peduli Pendidikan. Secara total, untuk wilayah II dialokasikan sebesar Rp 444 juta. “Dan khusus untuk palembang, sebanyak Rp 276 juta,” ujarnya, usai acara Penyerahan Beasiswa Program Mandiri Peduli Pendidikan Tahun 2007-2008, kemarin (13/5).

Dari 220 siswa dan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, berasal dari 1 Universitas, 4 Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) dan 8 Sekolah Dasar (SD). Terdiri dari 20 mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri)m 60 siswa SMK yaitu SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3 dan SMKN 6 Palembang serta 140 siswa SD, masing-masing SDN 95, SDN 23 Kancil Putih, SDN 168 Talang Kelapa, SDN 5 Talang Keramat, SDN 199/34 Kebun Duku, SDN 148 Kenten Sako dan SDN 36 Sungai Tawar.

Untuk bantuan beasiswa yang diberikan, ungkap Djoko, masing-masing Rp 6 Juta kepada mahasiswa, Rp 1,2 juta bagi siswa SMK serta Rp 600 ribu bagi siswa SD. “Beasiswa diberikan satu tahun,” tukasnya. Disamping beasiswa, Bank Mandiri juga memberikan bantuan hibah renovasi bengkel kerja untuk salah satu SMK di Kota Palembang.

Program Mandiri Peduli pendidikan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Bank Mandiri yang tertuang dalam Program Kerja Bina Lingkungan (PKBL). Untuk tahun ini, pihaknya mengkonsentrasikan implementasi PKBL atau CSR dibidang pendidikan dan kesehatam. Selain penyaluran beasiswa, untuk bidang kesehatan, Kanwil II juga telah memberikan bantuan pembangunan dan rehab sekolah di Padang sebesar Rp 500 juta. Sedangkan dibidang kesehatan, pemberian bantuan hibah ambulans kepada Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang, awal April lalu.

Lebih lanjut dikatakan, di tahun ini Bank Mandiri Wilayah II menganggarkan dana PKBL sebesar Rp 9 miliar, yang akan disebar di wilayah kerjanya, Sumbagsel dan Sumbar. PKBL terdiri dari bantuan pembiayaan dengan persyaratan dan bunga sangat lunak kepada UMKM, bantuan pendidikan dan keterampilan terhadap pengusaha UMKM serta bantuan hibah kepada lingkungan sekitar. “Ini merupakan salah satu dari 10 perilaku insan Bank Mandiri, yang terangkum dalam budaya kerja,” pungkas Djoko. (AS)

Tidak ada komentar: