Kamis, 15 Mei 2008

Jadwal Proyek Pemkot Palembang Molor

Palembang (Torang), Kabag Pembangunan Setda Kota Palembang Solahuddin mengatakan, sebagian besar pelaksanaan proyek di berbagai satuan kerja perangkat dinas (SKPD) berjalan lamban.

Dia menuturkan, dari target yang ditetapkan pada Maret lalu, ternyata hanya sebagian yang berjalan. “Seharusnya proyek sudah berjalan hingga 20 persen. Kenyataannya masih banyak yang dalam proses tender,” ungkapnya kemarin.

Dia menuturkan, penyebab keterlambatan pada beberapa proyek belum diketahui karena hampir di setiap SKPD tidak berjalan sesuai harapan. “Kalau masalah harga satuan saya pikir tidak menjadi kendala karena sudah keluar. Namun, kita berharap semua proyek bisa berjalan pada awal Juni mendatang,” ujarnya.

Dia menuturkan, persoalan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) turut memengaruhi pengerjaan proyek. Bahkan, masalah harga perlu dilakukan pembahasan ulang terutama dalam pemenuhan dana yang telah dianggarkan dalam APBD 2008.

“Hal ini dapat dilakukan sebelum atau pada saat proyek sedang dikerjakan. Para kontraktor dapat mengajukan keberatan yang disampaikan Asosisasi atau organisasi prihal ekskalasi harga yang meningkat. Sehingga perlu ada perubahan rancangan anggaran belanja (RAB),”paparnya.

Ketua Komisi II DPRD Palembang Ilyas Hasbullah mengatakan, meski terjadi keterlambatan pengerjaan proyek pemerintah. Namun, pengerjaan proyek tahun ini dinilai lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. “Saya pikir kenaikan BBM jelas berpengaruh. Untuk itu setiap SKPD harus dapat menghitung ulang perubahan harga yang terjadi,” katanya. (AS)

Tidak ada komentar: